StartUp Baru Kargo Tech Inovasi Gabungan Antara Teknologi dan Logistik Yang Booming

StartUp Baru Kargo Tech Inovasi Gabungan Antara Teknologi dan Logistik Yang Booming
Kargo Tech

Dilansir dari Quora.com. 

Saya tidak tau apakah anda semua sudah familiar dengan yang satu ini, tapi mari kita coba. Perkenalkan Kargo Tech [1], sebuah perusahaan startup yang menggabungkan logistik dengan teknologi.


Sebagai orang yang pernah bekerja di bidang logistik, saya optimis dengan potensi perusahaan yang satu ini, kenapa? Mari kita kupas.


Bidang usaha yang dipilih, logistik, ini salah satu yang terbesar dan masih terus tumbuh di Indonesia. Menurut Konsultan Keilmuan Transportasi dan Logistik Frost & Sullivan, pada 2019 lalu nilai aktual bisnis logistik di Indonesia ada sekitar US$ 250 miliar hingga US$ 280 miliar. [2] Angka tersebut berpotensi terus bertambah, terutama karena ecommerce Indonesia yang terus tumbuh. Selain itu, walaupun ada hantaman dari pandemi, bisnis logistik termasuk yang tetap stabil karena pergerakan barang masih dibutuhkan dan diizinkan, beda dengan pergerakan orang yang dibatasi (lihat babak belurnya transportasi penerbangan).


Pemanfaatan teknologi, kalau ojek motor meet gojek aja bisa booming kenapa usaha logistik yang skala dan nilainya lebih besar gak bisa ikut booming? Sepengalaman saya dibidang ini, kendala armada logistik Indonesia itu ada banyak yang bisa 'ditolong' oleh teknologi. Contoh sederhana, berapa banyak truk sayur yang bisa di tracking pergerakannya melalui GPS? Lalu routing armada dan muatan, namanya mobil angkutan bakal lebih untung kalau pergi ada muatan, pulang ada muatan. Ini impactnya gede, semakin sedikit truk yang bergerak dalam keadaan kosong, maka semakin besar cost pengiriman yang bisa ditekan dan akhirnya harga barang ke konsumen akhir juga makin murah.


Cofounders Kargo Tech adalah Tiger Fang (CEO) dan Yody Aditya (CTO). Tiger Fang punya pengalaman mentereng, dia pernah jadi General Manager Uber Indonesia & China, juga Managing Director di Lazada Thailand. Sementara Dody Aditya juga bukan orang sembarangan di bidang teknologi, Yodi adalah CEO di Polatic Informatika dan CTO di Doocu.co.

Tiger Fang (CEO) dan Yody Aditya (CTO) CEO dan CTO KARGO TECH


Punya investor besar dengan nilai investasi gak main-main. Awal tahun ini Kargo Tech sukses mengamankan US$ 31 juta (sekitar Rp 504 milyar) dari hasil pendanaan seri A [3] . Nama beken investor tentu juga jadi prestasi tersendiri, investor kelas kakap Sequoia (yang dulu pernah danai Google, Apple, Instagram, Youtube, LinkedIn dan Whatsapp) juga turut mendanai Kargo Tech.


Selain kehadiran dua cofounder diatas, saya juga pernah mencuit di twitter, ibarat tim sepakbola Kargo Tech adalah tim yang bertabur pemain bintang. Saya akan coba sebutkan beberapa (mohon maaf kepada nama-nama tercantum jika tidak lengkap atau ada kesalahan pengutipan),


1. Head Strategy - Shivom Sinha (sebelumnya Vice President Gojek, Senior Associate Uber).


2. People Operations Manager - Ary Mandraguna (sebelumnya HR Operartions Manager di OVO).


3. People Experience & Employer Branding - David Aaron (sebelumnya HR Business Spv di iLotte).


4. Vendor Acquisition & Analytics Manager - Valerianus Joviano Winantea (sebelumnya Operations Associate di Uber, 4W Driver Core Operation Junior Manager di Gojek)


Dan masih banyak lagi nama beken lainnya. Tanpa bermaksud merendahkan mereka yang namanya tidak saya cantumkan, saya yakin membaca line up diatas pembaca udah cukup jiper.


Gak bisa dipungkiri ada banyak tantangan yang bakal dihadapi, tapi dengan langkah yang tepat saya yakin bakal sukses besar. Lha perusahaan logistik yang masih manual kertas dan ngasih routing by phone (pengalaman pribadi hehe) aja bisa jalan kok, apalagi perusahaan modern yang punya modal segede gaban, ditambah line up dengan pengalaman yang bukan kaleng-kaleng.


PS: dengan potensi perusahaan segede ini, andaikan ada HR Kargo Tech yang approach saya, tentu saya akan bahagia sekali hahahah. :))

Catatan Kaki

[1] Kargo - Sewa Truk Online | Gratis Asuransi | Penawaran Instan

[2] Riset: Bisnis logistik domestik tahun depan bakal tembus US$ 80 miliar

[3] Kargo Raih Pendanaan Seri A Senilai 504 Miliar Rupiah, Luncurkan Dana Bantuan untuk Mitra Logistik dalam Platform - Kargo


0 Response to "StartUp Baru Kargo Tech Inovasi Gabungan Antara Teknologi dan Logistik Yang Booming"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel