Tantangan dan Perjuangan Seorang Ibu dalam memberikan ASI Eksklusif Untuk Bayi Baru Lahir

Tantangan dan Perjuangan Seorang Ibu dalam memberikan ASI Eksklusif Untuk Bayi Baru Lahir

Tantangan dan Perjuangan Seorang Ibu dalam memberikan ASI Eksklusif Untuk Bayi Baru Lahir

Assalamu’alaikum Wr.Wb

ASI Eksklusif adalah ASI terbaik untuk seorang anak yang baru lahir ke dunia. ASI ini akan memberikan anak anti bodi yang sangat baik untuk melawan berbagai penyakit, karena itu bagi ayah dan bunda yang anaknya baru lahir berilah ASI aksklusif untuk kesehatan anak ayah dan bunda sendiri.

Sebenarnya thread ini adalah curhatan kami seorang ayah dan ibu untuk memperjuangkan anaknya agar selalu menerima ASI eksklusif.  Ketika Anak kami lahir kedunia, adalah hal yang sangat membahagiakan bagi kami. Dimulai dari cerita bahwa, kami berdua memutuskan agar anak kami hanya diberikan ASI Eksklusif saja tanpa ada campuran susu formula atau yang dikenal dengan istilah sufor. Namun hal tersedih terjadi bagi kami berdua, ketika kami terus memberikan ASI eksklusif.

Saat malam anak kami sangat rewel entah karena kelaparan atau karena sesuatu yang tidak nyaman bagi anak kami, kami terus menyusui anak kami dengan tujuan agar anak kami tidak kelaparan, bagi kami yang baru punya anak pertama, begitu khawatir jika anak kami tiba-tiba sangat rewel. kami susui anak kami dengan ASI oleh Ibunya, namun anak kami tetap menangis. Tibalah saat itu keluarga kami sendiri mengatakan bahwa ASI Isteri saya tidak cukup dan diminta untuk memberikan susu formula sebagai tambahannya. Jujur saja hal itu begitu menyakitkan bagi saya dan Isteri saya mendengarkan perkataan itu terus menerus. Hingga akhirnya kami sempat berputus asa dan membelikan susu formula untuk anak kami.

Ketika anak kami diberikan susu formula, jujur bagi kami hati terasa sedih, dan berpikir benarkah nak, ASI ibu tidak cukup, sempat secara diam-diam kami menangis karena mendengar perkataan ASI ibunya tidak cukup dan anak kami kelaparan. Tahukah Moms, bahwa anak baru lahir lambungnya masih kecil cukup ASI sesendok nasi saja sudah membuatnya kenyang.

Artikel demi artikel saya baca terkait dengan ASI, hasilnya bahwa ASI akan terus berproduksi ketika bayi terus menyusui dan akan semakin melimpah sesuai dengan kebutuhan Bayi. Mengetahui hal itu, saya sebagai seorang suami berusaha memberikan dukungan kepada Isteri agar terus dan jangan berhenti untuk memberikan ASI-nya untuk anak kita .

Akhrinya sedikit demi sedikit, kami meninggalkan susu formula dan terus memberikan ASI. Segala puji bagi Allah, ASI ibunya melimpah dengan sendirinya dan menetes. Kami sangat senang saat itu, mematahkan anggapan bahwa ASI Ibunya tidak cukup dan harus diselingi dengan formula. dan sempat juga ketika diberikan sufor anak kami tidak BAB selama 3 hari lebih dan ketika kami berhenti memberikan sufor dan fokus hanya ASI bersyukur kepada Allah, anak kami BAB dengan lancar.. banyak sekali, mungkin efek dari 3 hari tidak BAB. Perlu moms ketahui bahwa ASI mengandung Zat Pencahar utuk melancarkan bayi BAB.

Ujian kami bukan hanya itu saja, Anak kami terkena penyakit kuning, terlihat jelas dimata anak kami bewarna kuning. Kami sebagai orang tua begitu khawatir. Saya selaku Ayah mencari-cari di artikel bagaimana cara menyembuhkan penyakit kuning pada bayi baru lahir. Artikel tersebut mengatakan bayi kuning adalah hal normal dan akan hilang sendiri selama 2 – 3 minggu dengan cara disusui terus dengan ASI dan dijemur tiap pagi.

Namun, lagi-lagi keluarga mengatakan selingkan saja dengan sufor sampai penyakit kuningnya hilang baru beri ASI Eksklusif, Saya selaku ayah sempat bertengkar dengan keluarga sendiri karena masalah ini, jujur saja perkataan itu menyakitkan buat isteri saya, seakan – akan bahwa ASInyalah yang membuat bayi kami terkena penyakit kuning.

Moms perlu tahu obat terbaik untuk penyakit kuning bayi adalah ASI Ibunya. Penyakit Kuningnya akan terus berkurang dengan cara BAB dan BAK nya bayi bukan dengan Sufor. Hal ini kami ketahui ketika kami datang konsultasi ke Dokter Anak, beliau adalah Dr. Nanan Surya Perdana di Samarinda, beliau adalah Dokter Pro ASI Moms dan terkenal Antriannya gak pernah berhenti tiap hari selalu Rame. Beliau mengatakan Bahwa Kuning di Bayi kami masih normal dan untuk menghilangkannya dengan cara terus disusui dengan ASI agar BAB dan BAK nya Lancar bukan dengan Sufor. Beliau sangat enak dikonsultasinya, wajar saja jika antriannya panjang karena biasanya pasien bisa 1 jam lebih konsultasinya.
Hal yang kami ingat dari Nasehat Dr. Nanan Surya Perdana adalah Berikan Anak anda ASI terbaik dari ibunya. Anak adalah karunia dari Allah dititipkan ke kita untuk dijaga. Jagalah Anak anda dengan ASI dari Ibunya, Allah tidak akan membiarkan Anak kita kelaparan, Tidak ada istilah ASI tidak cukup yang membuat anak lapar. Anak ini titipan Allah berikanlah ASI yang Allah titipkan untuk Anak Anda. Susu manusia adalah untuk anak manusia, susu sapi adalah untuk anak sapi. jika anak manusia diminumkan susu sapi, dia anak siapa ???
Kami langsung Jlebb mendengar nasehat beliau, benar kata beliau ASI adalah titipan dan Anak adalah titipan, maka pantaslah dan seharusnyalah anak kita diberikan ASI. Ingat ya moms, tidak ada istilah ASI tidak cukup. Tiap hari ASI kita akan terus berproduksi sesuai dengan kebutuhan anak kita. Jangan pernah berhenti menyusui Anak, dampaknya adalah ASI moms akan kering. Jika Moms bekerja bisa dengan memompa ASI moms dan diberikan ke anak moms. Pesan dari kami terus semangat ya menyusui Anak dengan ASI jangan menyerah, Tantangan pasti ada dan dibutuhkan perjuangan untuk melewati itu semua.

0 Response to "Tantangan dan Perjuangan Seorang Ibu dalam memberikan ASI Eksklusif Untuk Bayi Baru Lahir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel