Waspadai Bahaya Sariawan, Tips terbaik dan cara alami untuk menyembuhkan Sariawan

Waspadai Bahaya Sariawan, Tips terbaik dan cara alami untuk menyembuhkan Sariawan

Hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Kadang-kadang di pipi bagian dalam, bibir, atau lidah, sariawan bisa sangat menyakitkan untuk membuatnya malas makan dan berbicara. Apakah Anda sakit sariawan namun bingung mengatasinya? Tahukah Anda bahwa obat sariawan yang efektif tidak selalu harus menggunakan resep dokter? Beberapa pilihan obat sariawan alami yang mungkin Anda miliki di rumah. Lalu, bagaimana jika anak-anak Anda menderita sariawan? Apakah sariawan untuk anak-anak sama dengan orang dewasa? Belum tentu! Ayo, cari tahu jawabannya di artikel ini.

Pengenalan Sariawan

Sariawan adalah luka kecil, dangkal dan menyakitkan yang muncul pada jaringan lunak di mulut, di dasar gusi, di bawah lidah, atau di sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan sering disebut sebagai aphthous ulkus, aphthous stomatitis, sariawan. Sariawan dapat muncul hanya satu atau beberapa buah pada satu waktu, tetapi Sariawan tidak menular.

Penyebab paling umum dari sariawan adalah melemahnya daya tahan tubuh, kekurangan vitamin B12 atau asam folat, dan infeksi bakteri atau virus tertentu. Terkadang, perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau kehamilan juga dapat menyebabkan sariawan muncul

Dalam beberapa kasus, cedera pada jaringan lunak mulut dapat menyebabkan sariawan. Misalnya, ketika lidah atau bibir digigit saat mengunyah makanan, lidahnya tergores dengan makanan tajam seperti keripik, atau ketika Anda menyikat gigi terlalu keras sehingga melukai gusi.

Siapa pun dapat mengalami sariawan, tetapi lebih sering terjadi pada remaja dan wanita dewasa muda. Beberapa orang yang rentan terhadap sariawan dapat mengalami sariawan yang lebih parah.

Berbagai pilihan obat sariawan alami, termasuk di lidah

Meskipun sariawan tidak berbahaya, rasa sakitnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Luka akibat sariawan bisa sangat lama, sekitar satu hingga dua minggu. Jadi, sangat mungkin jika sariawan membuat Anda tidak nafsu makan dan malas berbicara dengan orang di sekitar. Bagaimana cara mengatasinya ? Obat tradisional yang terbukti efektif dalam mengobati sariawan :

1. Madu
Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup efektif. Caranya hanya dengan mengoleskan madu di atas sariawan. Berdasarkan data dari Prevention, madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi rasa sakit sambil mempercepat proses pemulihan sariawan. Kesimpulan ini diperoleh dari sebuah studi di Arab Saudi pada 94 peserta yang secara rutin menerapkan madu ke sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

2. Air Garam
Berkumur dengan air garam selama 1-2 menit dapat meringankan sariawan tanpa pengobatan. Garam memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri untuk mencegah sariawan Anda memburuk. Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Juga sebagai obat sariawan alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut. Untuk membuat air, cukup satu bagian dari satu gelas air hangat sudah cukup. Aduk rata dan berkumur di mulut. Jangan tertelan. Segera buang setelah selesai dan bilas dengan air minum. Ulangi berkumur dengan air garam selama beberapa kali sehari sampai sariawan tampak mengempis.

3. Kelapa
Kelapa ternyata bisa menjadi obat sariawan di lidah atau di bibir. Kelapa berfungsi untuk mencegah peradangan luka yang semakin parah sambil mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan. Kelapa juga dipercaya membantu menenangkan suhu tubuh.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat untuk sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campur madu dengan santan atau minyak kelapa, lalu oleskan campuran itu ke sariawan Anda. Ulangi 3-4 kali sehari, sampai sariawan mulai tampak kempes.

4. Kantong teh bekas
Mengompres kantong teh bekas juga bisa digunakan sebagai obat sariawan pada lidah dan bibir. Kantong teh bekas dapat menetralkan mulut asam sehingga tidak memperburuk rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

menurut American Academy of Periodontology, daun teh dapat melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Selain itu, sisa teh yang disedu dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi. Metode ini hanya dengan melampirkan kantong teh bekas selama sekitar lima menit ke sariawan Anda.

5. Aloe Vera
Salah satu sariawan di lidah bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tidak nyaman dan panas. Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih seperti sariawan di lidah. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua hingga tiga kali sehari. Lidah buaya efektif untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai anti peradangan dan pereda nyeri alami.

6. Es batu
Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa sakit. Agar sariawan cepat runtuh dan sembuh, Anda bisa mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Rasa dingin es batu bisa menjadi obat sariawan alami yang mengurangi rasa sakit. Jika sulit, letakkan es batu di bagian lidah yang terkena sariawan hingga mencair sepenuhnya di mulut.

7. Hindari Makanan Asam
Makanan asam dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan kerusakan pada permukaan jaringan lunak tubuh. Jadi, batasi porsi makanan asam Anda terlebih dahulu saat Anda menderita sariawan. Ganti dengan sayuran hijau atau netral, susu, air kelapa, dan teh. Pilihan makanan dan minuman tidak bersifat asam sehingga aman untuk sariawan Anda.

8. Berkumurlah dengan obat kumur
Tidak semua obat kumur dapat digunakan sebagai obat sariawan. Sebagian besar produk obat kumur di pasaran hanya dapat mengobati sariawan ringan dan sedang, misalnya karena goresan makanan atau menggigit lidah saat mengunyah. Luka sariawan tertentu yang disebabkan oleh infeksi bakteri juga termasuk.

Para peneliti di Universitas Pennsylvania mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada obat kumur yang efektif sebagai obat sariawan. Namun, pastikan obat kumur yang Anda pilih mengandung salah satu dari empat hal di bawah ini untuk mengobati sariawan :

  • Zat antiseptik / antibiotik, untuk membunuh bakteri di sekitar luka
  • Antihistamin atau anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di mulut
  • Zat antijamur mengurangi pertumbuhan jamur di mulut
  • Zat kortikosteroid untuk mengobati peradangan akibat sariawan

Tentu saja Anda perlu tahu terlebih dahulu apa penyebab sariawan yang Anda alami untuk mengetahui obat kumur apa yang mengandung bahan yang tepat untuk mengobati sariawan .
Bagaimana mencegah sariawan sehingga tidak sering kambuh ?
Ada banyak pilihan obat sariawan alami, tetapi selalu lebih baik mencegah daripada mengobati. Setelah pulih, Anda dapat mencegah sariawan kembali dengan mengikuti tips ini :

  1. Perhatikan makanan apa yang Anda makan . Hindari makanan yang bisa mengiritasi mulut Anda, seperti kacang-kacangan, keripik, pretzel, rempah-rempah tertentu, makanan asin dan buah-buahan asam, seperti nanas, jeruk bali dan jeruk. Hindari makanan yang membuat Anda sensitif dan alergi.
  2. Pilih makanan sehat . Makan lebih banyak buah, sayuran dan biji-bijian untuk mencegah malnutrisi yang dapat menyebabkan sariawan
  3. Pertahankan kebiasaan kebersihan mulut yang baik . Menyikat gigi setelah makan dan menggunakan benang gigi 1 kali sehari dapat menjaga mulut Anda bersih dan bebas dari sisa makanan yang dapat menyebabkan cedera. Gunakan sikat gigi lembut untuk membantu mencegah iritasi jaringan lunak, dan hindari pasta gigi dan obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate.
  4. Lindungi mulut Anda . Jika Anda menggunakan kawat gigi atau peralatan gigi lainnya, tanyakan kepada dokter gigi tentang lilin ortodontik untuk menutupi ujung yang tajam.
  5. Kurangi stres . Jika sariawan Anda sering muncul saat stres, lengkapi diri Anda dengan berbagai teknik penghilang stres. Misalnya meditasi dan teknik pernapasan dalam.

0 Response to "Waspadai Bahaya Sariawan, Tips terbaik dan cara alami untuk menyembuhkan Sariawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel