Untuk Menjadi Lebih Bahagia di Tempat Kerja, Tulislah ulang Kisah yang Berbeda Pada Diri Anda Sendiri

Menjadi Bahagia
Bagaimana Anda memikirkan diri sendiri? Sebagai seorang pemimpin? 

Sekarang tanyakan pada diri Anda: Apakah berpikir seperti itu berdampak negatif atau positif pada kehidupan Anda? Apa yang diperlukan untuk mengubah cerita itu?

Manusia mendambakan koherensi, menurut sebuah artikel baru-baru ini di Harvard Business Review (selanjutnya akan disingkat HBR), dan cara paling ampuh, otak kita menciptakan koherensi dengan melalui penceritaan yang tidak disadari, “dengan menyatukan pengalaman internal kita dan apa yang kita amati di lingkungan kita, melalui suatu proses narasi yang menjelaskan mengapa kita dan orang lain melakukan apa yang kita lakukan. 

”Kami mengulangi kisah-kisah ini untuk diri kita sendiri, dan mereka menciptakan realitas kita”.

jika Anda pergi bekerja setiap hari mengharapkan rekan kerja Anda bersikap kasar kepada Anda atau mengabaikan ide-ide Anda, misalnya, itu jauh lebih mungkin Anda akan melihat penghinaan di setiap kesempatan.

Itu sangat membantu dalam banyak hal, tetapi itu juga dapat merusak kesejahteraan kita, jika kisah-kisah yang kita ceritakan pada diri kita menghalangi pertumbuhan dan kebahagiaan. “Alih-alih mengenali cerita-cerita kita tentang mereka, kita mungkin secara keliru menafsirkannya sebagai kebenaran abadi, sebagai‘ ??apa adanya”. Kisah-kisah itu, pada gilirannya mempengaruhi pengambilan keputusan kita, dalam pekerjaan dan dalam kehidupan.

Dan walaupun sulit untuk membebaskan diri dari cerita yang kita ulangi untuk diri kita sendiri, kadang-kadang perlu untuk menulis ulang. Jika Anda pergi bekerja setiap hari dengan mengharapkan rekan kerja Anda bersikap kasar kepada Anda atau mengabaikan ide-ide Anda, misalnya, jauh lebih mungkin Anda akan melihat kelonggaran di setiap kesempatan. Jika Anda memiliki ide di kepala Anda bahwa pekerjaan seharusnya merupakan pekerjaan keras yang tidak menyenangkan, Anda hanya perlu menjalaninya, mungkin itulah yang akan terjadi.

Pergeseran narasi yang Anda katakan pada diri Anda sendiri mungkin tidak mengubah semua itu (kadang-kadang orang benar-benar mengerikan), tetapi itu adalah suatu langkah untuk membuat diri Anda lebih bahagia, terbebaskan, dan lebih produktif. Bagaimana jika Anda bukan siapa yang Anda pikirkan?

Cara Menulis Ulang Cerita Anda

Jadi, bagaimana Anda bisa mengubah perspektif Anda? Langkah pertama, menurut HBR, adalah dengan mengidentifikasi dan mengerjakan cerita yang Anda ceritakan tentang diri Anda dan orang lain;

Hal Ini akan membantu Anda memahami apa yang Anda perjuangkan dan mengapa Anda bertindak dan bereaksi seperti yang Anda lakukan. Identifikasi tantangan pribadi atau kolektif yang Anda hadapi. Apa kisah dasar yang Anda ceritakan pada diri sendiri tentang masalah ini?

Jika Anda mengalami masalah dalam berhubungan dengan bos Anda, misalnya, tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda berpikir demikian. Apakah Anda menganggap diri Anda pendengar yang baik tetapi bos Anda begitu menakutan dimata anda , sehingga Anda bahkan tidak mencoba berbicara dengan mereka tentang masalah Anda?

Sekarang, apakah cerita itu “membatasi atau membebaskan” Anda? Dalam contoh di atas, cerita Anda jelas menghambat Anda: Anda tidak bekerja dengan atasan Anda, mungkin kehilangan tugas atau peluang besar, karena Anda terlalu frustrasi bahkan untuk berusaha bekerja dengan mereka. Cari keterputusan antara apa yang Anda inginkan (tugas besar) dan cerita yang Anda gunakan untuk membenarkan perilaku Anda saat ini.

Setelah Anda menyelesaikan masalah dan kisah mendasar yang membatasi Anda, "langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan apa yang ingin Anda ubah dan bagaimana cerita Anda perlu bergeser untuk membantu Anda mencapai sebuah transisi," saran HBR. Anda mungkin mempertahankan beberapa elemen cerita Anda, katakanlah, bahwa Anda seorang pekerja yang ambisius, rajin, sebagai prinsip dasar, lepaskan yang lain, dan tambahkan alur cerita baru.

Hal Ini berarti merefleksikan semua nilai Anda untuk membangun kisah baru yang membebaskan. Sekarang, misalnya, Anda menghargai menjadi martir di tempat kerja. Tetapi pertimbangkan efek yang dimiliki cerita pada pekerjaan dan kehidupan Anda secara umum, apa yang akan terjadi jika Anda menganggap diri Anda sebagai kontributor yang setara dimana pendapat dan pekerjaannya dihargai? Apa jenis peran yang Anda lihat saat itu?

“Merekonstruksi (membangun) kisah-kisah kami sehingga mereka membantu kami bergerak ke arah yang ingin kami tuju adalah proses memilih dan membuat akal yang disengaja,” tulis HBR. 

"Imbalan dari melakukan itu termasuk peningkatan rasa kemanusiaan, koherensi dan pembebasan."

Sumber :
Artikel ini adalah hasil terjemahan dari https://twocents.lifehacker.com/to-be-happier-at-work-tell-yourself-a-different-story-1829296525

0 Response to "Untuk Menjadi Lebih Bahagia di Tempat Kerja, Tulislah ulang Kisah yang Berbeda Pada Diri Anda Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel