10 Cara atau Langkah Sederhana agar Anda bisa hentikan diri dari berpikir berlebihan (Overthinking) : Kata - Kata Motivasi Hidup Terbaik

10 Langkah Sederhana agar Anda bisa hentikan diri dari berpikir berlebihan (Overthinking) : Kata - Kata Motivasi Hidup Terbaik

10 Langkah atau Cara Sederhana agar Anda bisa hentikan diri dari berpikir berlebihan (Overthinking)

Berpikir berlebihan atau overthinking tidak terdengar begitu buruk – berpikit itu baik bukan ?

Tetapi terlalu banyak berpikir dapat menyebabkan masalah.
Ketika Anda terlalu banyak berpikir, penilaian Anda menjadi buram dan stres Anda akan semakin meningkat. Anda menghabiskan terlalu banyak waktu dalam hal negatif. Itu bisa menjadi sulit untuk bertindak.

Jika ini terasa seperti sesuatu hal yang sangat akrab bagi Anda, berikut adalah 10 ide sederhana untuk membebaskan diri dari terlalu banyak berpikir (overthinking).

1. Kesadaran adalah awal dari perubahan.

Sebelum Anda dapat mulai dapat mengatasi atau sedang mengatasi kebiasaan terlalu banyak berpikir, Anda perlu belajar untuk menyadarinya ketika itu terjadi. Setiap kali Anda merasa ragu-ragu atau merasa tertekan atau cemas, mundurlah dan lihat situasi dan bagaimana Anda merespons. Pada saat itu kesadaran tersebut adalah benih perubahan yang ingin Anda lakukan.

2. Jangan berpikir apa yang salah, tetapi berpikir apa yang bisa benar.

Dalam banyak kasus, terlalu banyak berpikir disebabkan oleh satu emosi: ketakutan. Ketika Anda fokus pada semua hal negatif yang mungkin terjadi, memungkinkan anda mudah untuk lumpuh atau putus asa. Selanjutnya Anda merasakan bahwa Anda mulai berputar ke arah itu, berhentilah. Visualisasikan semua hal yang bisa berjalan dengan benar dan pertahankan pikiran-pikiran itu tetap ada di depan.

3. Alihkan perhatian Anda ke dalam kebahagiaan.

Terkadang sangat membantu untuk memiliki cara mengalihkan perhatian Anda dengan alternatif bahagia, positif, dan sehat. Hal-hal seperti mediasi, menari, olahraga, mempelajari instrumen, merajut, menggambar, dan melukis dapat menjauhkan Anda dari masalah yang cukup untuk menutup analisis yang berlebihan.

4. Masukkan segala sesuatu ke dalam perspektif.

Selalu mudah untuk membuat hal-hal lebih besar dan lebih negatif daripada yang seharusnya. Untuk selanjutnya Anda mendapati diri Anda membuat sebuah gunung kesempatan, tanyakan pada diri sendiri seberapa besar artinya dalam lima tahun kedepan. Atau, dalam hal ini, bulan depan. Cukup hanya dengan pertanyaan sederhana ini, akan mengubah kerangka waktu anda dan dapat membantu dalam mengalahkan pemikiran yang berlebihan.

5. Berhentilah menunggu kesempurnaan

Ini yang besar. Bagi kita semua yang sedang menunggu kesempurnaan, kita bisa berhenti menunggu sekarang. Menjadi ambisius itu hebat tetapi mengincar kesempurnaan itu tidak realistis, tidak praktis, dan melemahkan. Saat Anda mulai berpikir "Ini harus sempurna" adalah saat Anda perlu mengingatkan diri sendiri, "Menunggu yang sempurna tidak pernah sepandai membuat kemajuan."

6. Ubah pandangan Anda tentang rasa takut

Apakah Anda takut karena Anda pernah gagal di masa lalu, atau Anda takut mencoba atau terlalu menggeneralisasi beberapa kegagalan lainnya, ingatlah bahwa hanya karena segala sesuatunya tidak berjalan lancar sebelumnya tidak berarti bahwa itu harus menjadi hasilnya setiap saat. Ingat, setiap peluang adalah awal yang baru, tempat untuk memulai lagi.

7. Pasang timer untuk bekerja.

Beri diri Anda batas. Atur pengatur waktu selama lima menit dan berikan waktu pada diri Anda untuk berpikir, khawatir, dan menganalisis. Setelah penghitung waktu berhenti, luangkan 10 menit dengan pena dan kertas, tuliskan semua hal yang membuat Anda khawatir, membuat Anda stres, atau membuat Anda cemas. Biarkan hal itu. Ketika 10 menit sudah habis, buang kertas tersebut dan lanjutkan ke arah yang lebih disukai untuk sesuatu yang menyenangkan.

8. Sadarilah bahwa Anda tidak dapat memprediksi masa depan.

Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan; yang kita miliki adalah sekarang. Jika Anda menghabiskan saat ini dan mengkhawatirkan masa depan, Anda merampas waktu Anda sekarang. Menghabiskan waktu di masa depan sama sekali tidak produktif. Habiskan waktu itu sebagai gantinya pada hal-hal yang memberi Anda kesenangan.

9. Accept Your Best

Ketakutan bahwa alasan terlalu banyak berpikir seringkali didasarkan pada perasaan bahwa Anda tidak cukup baik — tidak cukup pintar atau cukup pekerja keras atau cukup berdedikasi. Setelah Anda berusaha sebaik mungkin, terimalah itu dan ketahuilah bahwa, sementara kesuksesan, sebagian tergantung pada beberapa hal yang tidak dapat Anda kendalikan, Anda telah melakukan apa yang dapat Anda lakukan.

10. Bersyukur

Anda tidak boleh memiliki pikiran penyesalan dan pikiran bersyukur pada saat yang sama, jadi mengapa tidak menghabiskan waktu secara positif? Setiap pagi dan setiap malam, buatlah daftar tentang apa yang Anda syukuri.

Overthinking adalah sesuatu yang bisa terjadi pada siapa saja. Tetapi jika Anda memiliki sistem yang hebat untuk menghadapinya, Anda setidaknya dapat menangkal beberapa pemikiran negatif, gelisah, stres dan mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat, produktif, dan efektif.

Artikel ini adalah hasil terjemahan dari 10 Simple Ways You Can Stop Yourself From Overthinking


0 Response to "10 Cara atau Langkah Sederhana agar Anda bisa hentikan diri dari berpikir berlebihan (Overthinking) : Kata - Kata Motivasi Hidup Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel